Presiden Jakowi mengamanatkan menghargai perbedaan dan hati – hati dengan dana desa

Dipagi yg cerah 7000 lebih  Kepala desa terpilih, BPD dan Pendamping Desa hadir di Jakarta Exspo dalam rangkaia kegiatan Rakernas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Pusat dan Daerah Th 2018. Kemendagri dalam laporannya selaku Panitia menyampaikan bahwa 7000 peserta dr Kepala desa terpilih, BPD dan pendamping desa siap menerima amanat dari Bpk Presiden Joko Widodo.

Dalam amanat nya, Presiden Joko Widodo dalam sambutanya juga mendoakan para korban Bom di surabaya, dan mengingatkan bahwa Negara Indonesia ini adalah Negara yang besar. Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri dari 17000 pulau, 714000 bahasa daerah dan 74957 desa, kita harus menyampaikan ke rakyat bahwa kita itu berbeda beda tapi tetap dalam NKRI.

Dalam amanatnya presiden Joko Widodo juga menyampaikan agar hati – hati terhadap Dana Desa. mulai th 2015 – 2018 sudah 187 Triliyun dianggarkan di desa jangan dampai kembali lagi ke Jakarta. dlm penyelenggaraan  DD tsb diutamakan belanja di lokal dan 100% menghunakan tenaga desa. terkait dengan kesiapan pemdes Direktur Penataan Pemdes menyampaikan 4 hal yg harus segera ditindaklanjuti.

  1. regulasi daerah ttg batas desa
  2. Perbub kewenangan desa
  3. Perdes kewenangan dan
  4. memberkakukan sesuai tupoksi

Dalam rangka peningkatan kapasitas Aparatur Desa, Direktur Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa, Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa,Ir. Yulianti, MM menyampaikan baru 200 000 yg sdh dibina Idealnya 74957 x 20 ditambah BPD dan Lembaga desa, dalam rangka pembinaan secara terpadu sdh dimulai di 7 propinsi dan dari Dirjen siap mengajukan untuk membuka Diploma ilmu pemerintah desa. secara terpisah Dir. Pengelolaan keuangan dan aset tentang Perdes Kewenangan desa yg masih menunggu Perda. beliau mempersilahkan utk memberlakukan perdes tsb dan tidak harus menunggu Perda atau Perbub.

Dalam sesi terakhir Bpk Presiden mengajak 4 perwakilan dari Desa paling ujung Aceh, Kalimantan, Sulawesi dan Papua untuk wawancara secara langsung tentang penggunaan dana Desa dan pembuatan laporan. untuk sulitnya dlm pembuatan laporan akan miminta kepada menku utk membuat yang kebih mudah. dan diakhiri dengan bagi2 sepeda.

Menurut Bpk Miftahurroqib, M. SI. selaku Petinggi Desa Pancur kecamatan mayong kabupaten Jepara, salah satu dari kepala Desa terpilih yang diundang untuk menghadiri Rakernas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Pusat dan Daerah Th 2018, Yang menarik pertemuan dengan Presiden Joko Widodo ini adalah  yang kedua kalinya. yang pertama di Makasar (pada saat Bpk. Joko Widodo masih menjabat sebagai Wali kota Solo) bersama dengan Kaukus 17 ++ dalam persiapan pembuatan UU Desa. Dan kali ini sebagai presiden Republik Indonesia yg komitmen mengawal UU No 6 th 2014 tentang Desa.

By Redaksi lir-ilir

Facebook Comments
About pancur 33 Articles
desa pancur adalah desa di kecamatan mayong kabupaten jepara

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan